Kiat Menang Festival Nasyid (khusus untuk tim nasyid yg baru)

Beberapa kali saya jadi juri nasyid, banyak hal yang bisa saya ambil hikmahnya. Dan ini adalah rangkuman dari pengamatan saya selama menjadi juri nasyid, khususnya juri untuk nasyid berkelompok (bukan solo). Dari pengamatan ini, saya menarik kesimpulan, bahwa bila tips-tips dibawah ini dijalankan, Insya Allah akan meraih kemenangan di kompetisi/festival nasyid. Ok, gak usah lama2, berikut tipsnya :
1.Pilih lagu yg BUKAN ACAPELA. Biasanya dalam sebuah festival/kompetisi nasyid, ada lagu pilihan dan lagi wajib, nah plih lagu yang bukan ACAPELA. Kenapa? Begini, menyanyikan lagu acapela itu gak gampang…butuh latihan yang intens dan serius. Buat perbandingan aja nih, Snada butuh waktu latihan intens 1 bulan untuk menggarap lagu “Ketika Kaki dan Tangan Bicara” secara acapela dan itu masih latihan terus sebelum kita tampil diatas panggung. Kira-kira baru PD banget nyanyiin lagu itu setelah 6 bulan deh…. Tuh 6 bulan hanya untuk satu lagu. Ya tentunya tergantung aransemennya juga ya. Jadi biar aman, pilih lagu yg bermusik aja deh. Bagi suaranya juga gak usah yg ribet2. Kecuali punya banyak waktu lebih, silahkan diaransemen lebih rumit lagi.

2. Pilih lagu yang popular. Karena dengan memilih lagu yg sudah dikenal orang, penonton atau juri cendrung bisa menikmati lagu tersebut. Nah kalo mereka bisa nikmatin dah enak tuh. Minimal dah nambah satu point nilai.

3. Bisa dinikmatin gak nasyidnya. Jujur deh, kalo saya jadi juri nasyid, yg pertama saya nilai adalah pada saat peseta mulai bernasyid. Kira2 saya bisa nikmatin gak saat mereka bernasyid. Kalo baru nyanyi dah fals gak karuan, wah gawat tuh. Saya langsung kasih penilaian paling rendah. Meskipun mereka pake kostum yang rapi dan bagus ya. Buat saya yg paling penting adalah nyanyinya bukan kostumnya. Namanya juga festival nasyid, yg dipertandingkan adalah “how you perform the song, right ?”

4. Nyanyikan didepan orang. Ok, anggaplah dah latihan siang malam, udah lumayan keras nih latihannya. Satu hal yg penting yg harus diketahui adalah, bernyanyinyalah didepan orang dan minta dia menilai. Siapa aja deh, om kamu kek, tante kamu kek, kakek atau nenek kamu kek. Terserah. Kalo boleh sih yg memiliki taste musik yang bagus biar sekalian ada masukan. Tanyain ke orang tsb apakah dia bisa nikmatin apa yg kamu bawakan. Suruh dia komentarin. Presentasikan ke minimal 7 orang. Kalo 90% bilang mereka bisa nikmatin, dah lumayan aman dah. Berarti dah layak tampil di festival.

5. Perhatikan kostum. Nah sekarang tinggal memperhatikan performacenya. Kostum juga memberikan kontibusi penilaian terhadap penampilan kamu. Let say ada dua peserta yg memiliki kemampuan bernyanyi yg sama, yg menentukan siapa yg menang adalah kostumnya. Jadi jangan remehkan kostum juga.

6. Tenang aja gak usah grogi. Ini sering menjadi kendala. Terutama bagi tim nasyid baru. Memang gak gampang tampil diatas panggung bernyanyi, apalagi for the first time. Tapi ini bisa diatas dengan menganggap festival ini cuma latihan, latihan yg kebetulan ditonton orang banyak.

7. Kalo perlu pake pelatih nasyid. Kalo kamu serius mau menang, apalagi ikut festival dalam rangka mewakili sekolah…wah wajib tuh pake pelatih. Pelatih ini perannya sangatlah penting. Dia yang membimbing kamu untuk berlatih sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan kamu. Dengan pelatih kita jadi tahu kelebihan dan kekurangan kita saat bernyanyi. Apalagi kalo si pelatih sudah biasa ikut festival, ini akan sangat menguntungkan sekali.

8. Berdoa, berdoa, berdoa. Jangan pernah melupakan kekuatan Allah. Niatkan ini dalam rangka membela agama Allah. Bukan untuk pamer-pameran keahlian. Dan buat saya pemenang sejati dalam festival nasyid adalah mereka yg terus bernasyid meskipun mereka kalah dalam festival tersebut.

3 thoughts on “Kiat Menang Festival Nasyid (khusus untuk tim nasyid yg baru)

  1. makasih mas tipsnya … Semua di atas setuju kecuali (mungkin) untuk yang nomer 1… beberapa kali ikutan lomba jarang bgt yang make musik bisa menang kecuali bagus bgt bgt bgt … dengan acapella kita bisa tampil maksimal tapi kalau dengan musik terlebih minus one kita jadi terpatok dengan musiknya jadi gak bisa berexperimen merubah nada, tempo dll…acapella memang susah2 gampang jadi harus latihan sangat. Semangat bernasyid!!!!!

    • kata siapa kalo pake musik gak menang : ) ? aku waktu juriin Festival NAsyid Walikota menangin yang pake musik, justru nilainya tertolong krn pake musik🙂 Tapi itu terserah ya..ini kan cuma tips, boleh dijalanin boleh gak. Intinya adalah berikan si juri penampilan terbaik kalian…kalo acapela aransemennya jangan fals aja. Nah kalo pake minus one kan lebih enak tertolong dengan musiknya. Soal berkreasi dengan minus one sih bisa aja kok, pecahan suaranya aja dibuat unik. Gitu mas bro🙂 Selamat berjuang deh🙂

  2. Wah…ngena banget nih, Kang. Terutama yang nomer 3 tuh, hehe…dulu waktu Mahiba ikut lomba 10th Islamic Book Fair di Jakarta sempet fals total di awal karena masih grogi tapi dipaksain untuk langsung mulai nyanyi. Selain itu juga mungkin karena lagu yang dibawain waktu festival belum pernah dibawain waktu tampil sebelumnya.
    Nah, ini saran juga untuk tim nasyid yang mau mengikuti festival minimal lagu yang dibawakan harus pernah dicoba untuk tampil. Semoga bagi kalian tim-tim nasyid yang baru dapat mengambil ilmu dari artikel ini dan bisa mendapatkan pengalaman yang lebih nyata lagi saat mengikuti festival.

    Kang, ijin copas untuk ditampilkan di Blognya Mahiba ya, hehe…syukron jazakallah ^_^

    NB: Lagu yang dibawain Mahiba waktu itu adalah Pagi Yang Cerah nya Snada, hehe…jurinya waktu itu Kang Teddy lagi🙂
    Link di YouTube nih http://www.youtube.com/watch?v=4UXe8aubp-E

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s