Tentang Raw Food

Belakangan ini orang orang kalangan tertentu yang memiliki pola hidup tertentu pula sedang ramai membicarakan raw food diet. Awalanya saya bertanya Tanya apa sih arti dari “Raw Food Diet” itu sendiri. Pengertian dari Raw Food. Sesimpel dalam kamus terjemahan adalah makanan mentah dalam artian makanan yang tidak dimasak lebih dari 118 derajat Fahranheit (baik itu digoreng, direbus, microwave, dipanggang, dibakar atau dengan cara pemanasan lainnya) termasuk tidak diproses dengan cara tertentu. Raw Food yang akan saya bicarakan disini adalah hanya mencakup tanaman baik itu sayur, buah, kacang dan biji-bijian.

Perlu diketahui bahwa jauh sebelum diet raw food dibicarakan dalam berbagai forum, diantara kita sudah tau bahwa pola makan yang paling sehat adalah pola makan yang selalu menyertakan makanan alami seperti buah, sayuran, kacang kacangan dan biji bijian.

Makan makanan mentahan sebenarnya juga bukan hal baru bagi bangsa kita. Diambil contoh wanita dari suku sunda misalnya, sangat tersohor memiliki kulit halus, tubuh ramping seksi yang dipercaya karena kebiasaan mereka makan lapapan sayuran segar dan mentah setiap hari. Namun itu adalah cerita puluhan tahun lalu sebelum budaya makanan praktis dan tahan lebih tahan lama menjadi gaya hidup.

Jika belakangan ini banyak mendengar tentang diet diet berbasis makanan alami, itu karena orang mulai semakin menaruh perhatian pada apa yang mereka makan dan bagaimana efeknya terhadap tubuh. Salah satunya adalah diet raw food atau dalam bahasa indonesianya adalah makanan menahan. Menurut cerita, mereka yang menjalani pola diet raw food ini selain menjadi langsing juga lebih sehat dan Nampak lebih muda. Disamping itu dari hasil penelitian diet raw food dibuktikan dan dipercaya bermanfaat menyembuhkan penyakit penyakit seperti diabetes, jantung, dan kanker. Ada yang tertarik…? Silahkan mencoba.. karena saya pun juga akan mencoba…

Pada awalnya saya bertanya tanya benarkah “raw food = makanan hidup?”. Lalu saya mengekplore pengetahuan dan mencari jawaban atas pertanyaan saya tadi. Bagi penganut diet raw food, makanan mentahan disebut juga “makanan hidup” mengapa demikian…? Karena masih mengandung enzim enzim yang sangat berguna bagi kesehatan manusia. Sebaliknya yang dianggap makanan mati adalah semua makanan yang dimasak, dikalengkan, diproses (termasuk pasteurisasi = adalah sebuah proses pemanasan makanan dengan tujuan membunuh organism merugikan seperti bakteri, virus dan protozoa). Proses memasak dengan suhu diatas 47 derajat celcius dapat menghancurkan enzim. Pemanasan dan pemprosesan dengan suhu tinggi juga dapat merusak dan menghilangkan sebagian besar (sekitar 85%) vitamin, mineral dan kandungan makanan bermanfaat lainnya. Bahkan protein asam amino esensial lisin juga mudah rusak dalam suhu tinggi.

Jika belum mengenal diet ini, bayangan kita tentang menu raw food pastilah tak jauh dari makanan yang namanya salad atau lalapan mentah ala orang sunda. Namun seiring dengan maraknya penganut pola makan yang demikian, maka semakin kreatif pula orang mengolah makanan mentahan menjadi santapan yang lebih menarik dan bersahabat dengan lidah. Lalu dengan alat abntu seperti juicer, blender atau food processor raw food bisa disulap menjadi sup, pudding dan bahkan kue atau cake.

Harus 100 persen kah…? Jawabannya adalah tidak. Bagi kebanyakan orang, berpindah ke pola makan serba mentah mungkin tidaklah mudah. Namun untuk mendapat manfaat dari diet ini ternyata tidak perlu menjalani sampai 100 persen. Mulai saja dengan mengikutkan 60 persen saja makanan mentahan dari total asupan makanan dalam sehari. Selebihnya yang 40 persen bisa makanan yang dimasak. Bagi pemula, pola makan seperti food combining adalah cara paling mudah untuk memulai diet raw food.

Silahkan mencoba, soalnya saya juga baru coba🙂

One thought on “Tentang Raw Food

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s